DSDS #7 Pengelolaan SDA di indonesia



Hai sobat ReLIEF...! Balik lagi nih dalam acara DSDS (Das Sein Das Sollen). Masih di tempat yang sama, ruang 2 lantai 3 hari ini kita akan kembali berbincang-bincang mengenai permasalahan ekonomi yang senyatanya. Pada kesempatan kali ini Rabu, 16 September 2015 peserta kembali diberikan asupan fakta dan realita mengenai Pengelolaan SDA di Indonesia. Materi kali ini disampaikan oleh Abdurrachman Mahmud dan Atqiatio Faris Ibrahim.
Peserta diajak untuk sama-sama melihat potensi SDA yang ada di Indonesia melalui tampilan fakta-fakta kekayaan alam yang dipaparkan oleh pemateri. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara kaya raya yang dikelilingi oleh lautan dengan potensi laut yang melimpah dan daratan dengan tanah yang subur serta kaya akan mineral dan minyak bumi. Bahkan pepatah mengatakan “Tongkat kayu pun bisa menjelma menjadi pohon. Begitu luar biasa bukan? Sayangnya kekayaan alam Indonesia bahkan tak dirasakan secara maksimal oleh rakyat akibat bermunculnya para kapital penjajah yang merampas SDA Indonesia dengan dalih investasi atau membantu Indonesia yang belum mampu mengelola SDA-nya secara mandiri. Dampaknya adalah, kekayaan alam yang harusnya menjadi milik seluruh rakyat Indonesia kini berubah menjadi milik-milik individu sehingga keuntungannya masuk ke kantong pribadi para kapital yang mengakibatkan ketidakseimbangan dalam distribusi.
Melihat fakta ini, kita sebagai mahasiswa ekonomi islam, sudah saatnya untuk bersama-sama membuka mata akan ketertindasan kita di negeri sendiri.
Demikianlah sekilas reportase acara DSDS hari ini, jangan kemana-mana karena masih ada hari-hari berikutnya dengan pembahasan terkait ekonomi kontemporer lainnya yang tidak kalah menarik dari pembahasan kali ini. Tetap semangat untuk mengkaji ekonomi islam bersama ReLIEF dalam forum DSDS selanjutnya.

0 comments: