DSDS #6 PENGELOLAAN BBM



Rabu, 16 September 2015 kembali lagi dalam forum DSDS untuk kembali mengkaji terkait fakta dan realita ekonomi saat ini. Adapun pembahasan kali ini menyangkut Pengelolaan BBM yang disampaikan oleh Muhammad Amin dan Syahrullah.
Di awal pembahsan, pemateri memaparkan fakta-fakta terkait kekayaan alam yang melimpah ruah, mulai dari potensi hutan, laut, tambang, minyak bumi dengan begitu detail. Namun satu hal yang menjadi pertanyaan bersama adalah “Mengapa potensi BBM masih belum terasa maksimal dan optimal hasilnya?” Maksudnya adalah output dari potensi minyak yang dikelola tidaklah dapat dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia secara merata, padahal minyak bumi adalah kekayaan bersama rakyat yang seharusnya hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebaliknya, yang terjadi adalah penjualan kekayaan alam berupa BBM malah justru sangat mahal untuk bisa diraih oleh masyarakat kelas menengah bawah. Mengapa hal ini bisa terjadi...? Apa sebenarnya masalah dari semua ini dan bagaimana solusinya...?
Pemateri kemudian menjawab pertanyaan retoris tersebut dengan mengatakan bahwa islam menawarkan sebuah konsep yang sempurna dalam pengelolaan BBM. Islam sebagai sebuah ideologi menawarkan pengaturan yang jelas dan adil terkait pengelolaan BBM. Dimana seharusnya BBM dikelola oleh negara untuk kesejahteraan rakyat secara keseluruhan sehingga terciptalah keadilan ekonomi dalam masyarakat.

0 comments: