DSDS #4 PENERIMAAN NEGARA



Setelah membahas tentang wajah perbankan saat ini di sesi pertama DSDS tadi pagi. Sesi kedua kali ini juga mengangkat tema pembahasan yang tak kalah menarik yakni terkait Penerimaan Negara. Materi kali ini disampaikan oleh duo akhwat cantik yakni Syahidah dan Ratna Sari. Keduanya juga merupakan pengurus ReLIEF masa juang 2015-2016.
Menurut pemateri, pembahasan mengenai penerimaan negara ini menjadi salah satu topik pembahasan yang penting untuk kita kaji bersama. Hal ini dilihat dari banyaknya  permasalahan-permasalahan yang diakibatkan oleh pembayaran pajak. Pajak sebagai pemasukan utama dalam negara nyatanya menimbulkan banyak problem mulai dari sistem perpajakan, pengelolaan pajak serta praktik pembayaran pajak itu sendiri. Salah satu masalah utamanya adalah kebijakan pajak yang diberlakukan atas semua orang secara sama rata tanpa memandang lagi kaya atau miskin dan mengukur kemampuan masyarakat secara umum untuk dapat membayar pajak sebagaimana yang telah ditetapkan. Kebijakan ini tentu cenderung zalim dan tidak adil, karena tidak semua masyarakat memilki kemampuan untuk membayar pajak yang dibebankan oleh pemerintah dalam setiap sisi kehidupan perekonomian. Pajak yang semakin marak untuk setiap barang dan usaha tanpa memperhatikan kondisi masyarakat seakan-akan menjadikan masyarakat sebagai sapi perah. Meraup keuntungan sebanyak-banyaknya, tanpa peduli akan apapun. Negara tak ubahnya bandit preman yang melakukan praktek pemalakan terhadap rakyatnya sendiri.
Untuk itulah sebagai pejuang ekonomi islam kita wajib mengetahui realitas ekonomi hari ini, dan menjadi agen-agen pejuang ekonomi islam yang akan membawa sebuah solusi atas problem perekonomian hari ini. Solusi tersebut tak lain hanyalah berasal dari islam. Menjadikan negara sebagai nahkoda yang menjalankan sistem ekonomi islam yang akan mendatangkan kesejahteraan melalui tatanan ekonomi yang praktis, aplikatif dan solutif.  

0 comments: