DSDS #11 KORPORASI



Hello sobat ReLIEF, ketemu lagi nih dalam reportase DSDS hari kelima, Jum’at 18 September  2015. Di hari Jum’at yang barokah ini kita akan kembali menyimak materi ekonomi yang tak kalah serunya dari hari-hari sebelumnya. Pemateri pada sesi kali ini yakni Mardiyyah Rusydah dan Nopia Dian Suciani yang mengangkat tema tentang Korporasi.
Korporasi, mungkin satu kata asing bagi kita semua, tapi sesungguhnya ia nyata dan begitu dekat menghantui kehidupan ekonomi kita hari ini. Lalu apa korporasi itu sebenarnya..? Korporasi adalah kumpulan orang-orang yang memilki kekuasaan yang digunakkan sebagai alat untuk mendapat keuntungan. Lalu ada apa dengan korporasi...? Korporasi dengan kekuasaannya, menindas perusahaan-perusahaan kecil yang kalah secara modal dengan mereka. Tak hanya itu, korporasi juga menimbun barang yang ada sehingga terjadi kelangkaan dan menyebabkan harga naik. Lebih parah lagi, korporasi saat ini menguasai sektor kepemilikan umum seperti Sumber Daya Alam baik tambang, kelautan, pertanian dan sektor-sektor lainnya untuk kepentingan segelintir orang saja. Ini jelas merupakan sebuah kezaliman.
Setelah memaparkan fakta korporasi hari ini pemateri juga memaparkan bagaimana pandangan islam mengenai korporasi. Dalam ekonomi islam korporasi boleh hukumnya asalkan tidak menguasai sektor-sektor kepemilikan umum dan tidak melakukan penimbunan barang dalam skala besar yang menyebabkan terhambatnya distribusi di tengah-tengah masyarakat.

0 comments: