DSDS #10 PENDIDIKAN



            Gimana kabarnya sobat ReLIEF....? Masih pada semangat kan...? Balik lagi nih masih dalam reportase DSDS. Setelah pagi tadi kita bahas tentang distribusi, maka sesi ketiga kali ini kita akan membahas topik yang juga tak kalah menariknya yakni pendidikan. Materi diwali dengan membandingkan antara pendidikan kapitalisme dengan pendidikan islam. Fakta pendidikan dalam sistem kapitalime hari ini sungguh menyayat hati dan jauh sekali dari apa yang menjadi cita-cita kita bersama.
 Beberapa problem pendidikan yang bisa kita indra secara nyata yakni mengenai sarana dan prasarana pendidikan yang masih minim, penyebaran sekolah yang belum merata, kualitas pendidikan yang rendah serta ketimpangan antara sekolah yang berada di kota dan pedesaan. Sungguh sebuah gambaran yang memprihatinkan. Hal ini sangat berbeda dengan pendidikan dalam islam. Pendidikan dalam islam dibangun diatas sebuah landasan yang kuat yakni aqidah islam dengan tiga pilar pengokohnya yakni keluarga, lembaga pendidikan dan masyarakat. Pendidikan dalam islam memiliki konsep tujuan yang jelas yakni untuk melahirkan manusia yang bershaksiyah islam, memahami tsaqafah islam serta menguasai ilmu kehidupan (sains). Inilah yang menjadikan pendidikan dalam isalam berkualitas dan mampu melahirkan generasi emas seperti Ibnu Sina, Al-Khawarizmi, Al-Kindi, Ibnu Khaldun, dan sederet nama lainnya yang tak kalah hebatnya mewarnai peradaban islam dengan cahaya iman dan ilmu.
Melalui deskripsi dan komparasi diatas, peserta diajak untuk berpikir mana yang harus kita perjuangkan untuk meraih cita-cita mulia kita menjadi umat mulia yang cerdas dan bertaqwa. Tentu semua sepakat pendidikan islam-lah pilihannya.
           

0 comments: